Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Pace, Nganjuk

Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Pace, Nganjuk



Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Pace, Nganjuk - Biar makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dimulai dari varietasnya, daerah ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walau pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa coffee shop.

Namun, apakah anda semua telah paham keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai wujud butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran harganya pun lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini yakni Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Pace, Nganjuk


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di berbagai belahan bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa istimewa, berlainan di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga kebal hama.

Adapun ciri khas paling menonjol yakni taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai kafe yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi tulisan dalam blog Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Pace, Nganjuk, semoga berpengaruh.

0 comments