Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Toko Online Mesin Coffee Maker di Polewali

Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Toko Online Mesin Coffee Maker di Polewali


Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Toko Online Mesin Coffee Maker di Polewali - Kendati makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun tak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, kendati dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kamu semua pernah paham keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang wujud bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Toko Online Mesin Coffee Maker di Polewali


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di bermacam bagian dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya mencolok yaitu tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca artikel di halaman Cara Membuat Kopi Moka Sendiri – Toko Online Mesin Coffee Maker di Polewali, semoga ada gunanya.

0 comments