Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Toko Pembuat Kopi Di Muara Jaya, OKU

Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Toko Pembuat Kopi Di Muara Jaya, OKU


Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Toko Pembuat Kopi Di Muara Jaya, OKU - Meski makin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, namun tak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, dari jenisnya, area ditanamna, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah kamu semua pernah tahu karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai tatanan batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Toko Pembuat Kopi Di Muara Jaya, OKU


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di berbagai belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya mencolok yakni taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan dalam web Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Nikmat – Toko Pembuat Kopi Di Muara Jaya, OKU, mudah-mudahan berguna.

0 comments