Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Online Mesin Coffee Maker di Jatipuro, Karanganyar

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Online Mesin Coffee Maker di Jatipuro, Karanganyar


Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Online Mesin Coffee Maker di Jatipuro, Karanganyar - Walaupun makin banyak penikmat kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, tempat ditanamna, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua telah mengetahui karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Online Mesin Coffee Maker di Jatipuro, Karanganyar


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di bermacam belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang khas, berlainan di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya gamblang yakni taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini sebab ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengenal serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi risalah dalam blog Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Online Mesin Coffee Maker di Jatipuro, Karanganyar, semoga bermanfaat.

0 comments