Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Penjual Mesin Coffee Maker Di Seputih Raman, Lampung Tengah

Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Penjual Mesin Coffee Maker Di Seputih Raman, Lampung Tengah



Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Penjual Mesin Coffee Maker Di Seputih Raman, Lampung Tengah - Walaupun semakin banyak pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, namun gak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, kawasan peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu beda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah anda semua telah mengerti ke-khas-an dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai tatanan butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Penjual Mesin Coffee Maker Di Seputih Raman, Lampung Tengah


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di bermacam bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta resistan hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan paling menonjol yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi risalah di halaman Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Penjual Mesin Coffee Maker Di Seputih Raman, Lampung Tengah, semoga berpengaruh.

0 comments