Jenis Kopi Starbucks – Penjual Mesin Coffee Maker Di Batu Betumpang, Bangka Selatan

Jenis Kopi Starbucks – Penjual Mesin Coffee Maker Di Batu Betumpang, Bangka Selatan



Jenis Kopi Starbucks – Penjual Mesin Coffee Maker Di Batu Betumpang, Bangka Selatan - Biar semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dari jenisnya, lokasi peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, biar pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dengan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah kalian semua sudah paham keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang bentuk biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Starbucks – Penjual Mesin Coffee Maker Di Batu Betumpang, Bangka Selatan


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling menonjol adalah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah memahami dan merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca risalah dalam web Jenis Kopi Starbucks – Penjual Mesin Coffee Maker Di Batu Betumpang, Bangka Selatan, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments