Jenis Kopi Toraja – Online Shop Coffee Maker di Sukodono, Sidoarjo

Jenis Kopi Toraja – Online Shop Coffee Maker di Sukodono, Sidoarjo


Jenis Kopi Toraja – Online Shop Coffee Maker di Sukodono, Sidoarjo - Kendati kian ramai penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai jenisnya, tempat perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma dan citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kamu semua pernah tahu keunikan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang rupa batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Toraja – Online Shop Coffee Maker di Sukodono, Sidoarjo


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di beragam belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa spesial, berlainan di setiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan kebal hama.

Adapun kekhasan setidaknya mencolok adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi risalah dalam blog Jenis Kopi Toraja – Online Shop Coffee Maker di Sukodono, Sidoarjo, semoga bermanfaat.

0 comments