Jenis Kopi Untuk Vietnam Drip – Toko Pembuat Kopi Di Maybrat

Jenis Kopi Untuk Vietnam Drip – Toko Pembuat Kopi Di Maybrat



Jenis Kopi Untuk Vietnam Drip – Toko Pembuat Kopi Di Maybrat - Walaupun makin ramai penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, mulai jenisnya, area perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, kendati berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kamu semua sudah tahu keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yakni Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai muncul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Untuk Vietnam Drip – Toko Pembuat Kopi Di Maybrat


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di bermacam belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya gamblang yakni peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengenal serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi artikel di blog Jenis Kopi Untuk Vietnam Drip – Toko Pembuat Kopi Di Maybrat, mudah-mudahan bermakna.

0 comments