Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi Di Pariaman Tengah, Pariaman

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi Di Pariaman Tengah, Pariaman



Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi Di Pariaman Tengah, Pariaman - Meski semakin berlimpah penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai dari varietasnya, tempat perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walau pun berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengetahui kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang wujud biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran harganya juga lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi Di Pariaman Tengah, Pariaman


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di beragam belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang khas, berbeda di setiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan kebal penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya menonjol ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi tulisan dalam website Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi Di Pariaman Tengah, Pariaman, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments