Jual Macam Kopi Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Rasau Jaya, Kubu Raya

Jual Macam Kopi Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Rasau Jaya, Kubu Raya


Jual Macam Kopi Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Rasau Jaya, Kubu Raya - Kendati semakin ramai pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai jenisnya, daerah peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo dan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah kamu semua telah paham karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang bentuk butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran harganya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jual Macam Kopi Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Rasau Jaya, Kubu Raya


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di bermacam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan kebal penyakit & hama.

Adapun kekhasan paling mencolok yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi artikel dalam blog Jual Macam Kopi Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Rasau Jaya, Kubu Raya, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments