Khasiat Kopi Badang – Kios Pembuat Kopi di Tulung, Klaten

Khasiat Kopi Badang – Kios Pembuat Kopi di Tulung, Klaten



Khasiat Kopi Badang – Kios Pembuat Kopi di Tulung, Klaten - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang nyatanya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dimulai dari varietasnya, area perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah anda semua pernah mengerti ke-khas-an dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang struktur biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Badang – Kios Pembuat Kopi di Tulung, Klaten


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di berbagai bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga kebal hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling kentara yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi informasi di blog Khasiat Kopi Badang – Kios Pembuat Kopi di Tulung, Klaten, semoga berpengaruh.

0 comments