Khasiat Kopi Hijau Hanis – Jual Pembuat Kopi di Sumbul, Dairi

Khasiat Kopi Hijau Hanis – Jual Pembuat Kopi di Sumbul, Dairi



Khasiat Kopi Hijau Hanis – Jual Pembuat Kopi di Sumbul, Dairi - Kendati semakin banyak pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dari jenisnya, kawasan perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja misalnya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kamu semua telah mengerti kekhasan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki rupa bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Hanis – Jual Pembuat Kopi di Sumbul, Dairi


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di beragam bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling eksplisit yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi artikel di blog Khasiat Kopi Hijau Hanis – Jual Pembuat Kopi di Sumbul, Dairi, semoga ada manfaatnya.

0 comments