Khasiat Kopi Hijau Hanis – Toko Mesin Pembuat Kopi di Pusakanagara, Subang

Khasiat Kopi Hijau Hanis – Toko Mesin Pembuat Kopi di Pusakanagara, Subang



Khasiat Kopi Hijau Hanis – Toko Mesin Pembuat Kopi di Pusakanagara, Subang - Kendati semakin banyak penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai varietasnya, daerah perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski berjenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua telah mengetahui kekhasan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki bentuk biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Hanis – Toko Mesin Pembuat Kopi di Pusakanagara, Subang


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di berbagai belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya eksplisit ialah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca artikel di website Khasiat Kopi Hijau Hanis – Toko Mesin Pembuat Kopi di Pusakanagara, Subang, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments