Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Tegalombo, Pacitan

Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Tegalombo, Pacitan



Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Tegalombo, Pacitan - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai tipenya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, kendati dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma serta flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua telah paham ke-khas-an dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki struktur biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yaitu Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Tegalombo, Pacitan


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di berbagai bagian dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya kentara yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi risalah dalam web Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Tegalombo, Pacitan, moga-moga berpengaruh.

0 comments