Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Siempat Nempu Hulu, Dairi

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Siempat Nempu Hulu, Dairi


Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Siempat Nempu Hulu, Dairi - Meski makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, daerah perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja misalnya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah paham kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki struktur biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran mutunya juga lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Siempat Nempu Hulu, Dairi


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di berbagai belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling mencolok yakni tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca risalah di website Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Siempat Nempu Hulu, Dairi, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments