Khasiat Kopi Hijau Qalam – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Tojo Una-Una

Khasiat Kopi Hijau Qalam – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Tojo Una-Una



Khasiat Kopi Hijau Qalam – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Tojo Una-Una - Walaupun semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, tempat peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, kendati berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo dan Toraja misalnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah mengetahui ke-khas-an dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki wujud batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Qalam – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Tojo Una-Una


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di berbagai belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya gamblang yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyediakan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi risalah di blog Khasiat Kopi Hijau Qalam – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Tojo Una-Una, semoga bermanfaat.

0 comments