Khasiat Kopi Hitam – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Temayang, Bojonegoro

Khasiat Kopi Hitam – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Temayang, Bojonegoro



Khasiat Kopi Hitam – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Temayang, Bojonegoro - Biar makin banyak pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dari varietasnya, kawasan ditanamna, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, kendati berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja contohnya, menyandang aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah paham ke-khas-an dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai bentuk butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Temayang, Bojonegoro


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di berbagai belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal penyakit.

Adapun keunikan setidaknya menonjol yaitu peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi artikel dalam blog Khasiat Kopi Hitam – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Temayang, Bojonegoro, semoga bermakna.

0 comments