Khasiat Kopi Hitam Untuk Bayi – Kios Pembuat Kopi di Idi Rayeuk

Khasiat Kopi Hitam Untuk Bayi – Kios Pembuat Kopi di Idi Rayeuk



Khasiat Kopi Hitam Untuk Bayi – Kios Pembuat Kopi di Idi Rayeuk - Biar makin berlimpah penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, namun tak sedikit juga yang ternyata masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai dari jenisnya, tempat peraniannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, kendati berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja misalnya, memiliki aroma serta citarasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah anda semua telah paham karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki tatanan butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam Untuk Bayi – Kios Pembuat Kopi di Idi Rayeuk


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun kini di beragam bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya gamblang yaitu peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi risalah dalam blog Khasiat Kopi Hitam Untuk Bayi – Kios Pembuat Kopi di Idi Rayeuk, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments