Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Kios Coffee Maker Di Langgam, Pelalawan

Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Kios Coffee Maker Di Langgam, Pelalawan



Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Kios Coffee Maker Di Langgam, Pelalawan - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, area perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, kendati dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa warkop.

Namun, apakah kamu semua telah tahu ke-khas-an dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang tatanan biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran nilainya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Kios Coffee Maker Di Langgam, Pelalawan


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di bermacam bagian bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di setiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca tulisan dalam blog Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Kios Coffee Maker Di Langgam, Pelalawan, moga-moga berpengaruh.

0 comments