Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Lampung Barat

Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Lampung Barat



Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Lampung Barat - Kendati makin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai tipenya, daerah penanamannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walaupun berjenis sama, citarasa kopi Gayo dengan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah kamu semua telah mengetahui keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai rupa biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Lampung Barat


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di bermacam bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa khas, berlainan di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling jelas ialah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah memahami dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan di blog Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Lampung Barat, semoga ada gunanya.

0 comments