Khasiat Kopi Hitam Untuk Wajah – Onlineshop Pembuat Kopi di Candiroto, Temanggung

Khasiat Kopi Hitam Untuk Wajah – Onlineshop Pembuat Kopi di Candiroto, Temanggung


Khasiat Kopi Hitam Untuk Wajah – Onlineshop Pembuat Kopi di Candiroto, Temanggung - Kendati makin berlimpah penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai jenisnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah kalian semua telah tahu karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki rupa butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran harganya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam Untuk Wajah – Onlineshop Pembuat Kopi di Candiroto, Temanggung


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di bermacam belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal hama dan penyakit.

Adapun kekhasan paling eksplisit adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai kafe yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan di web Khasiat Kopi Hitam Untuk Wajah – Onlineshop Pembuat Kopi di Candiroto, Temanggung, mudah-mudahan berguna.

0 comments