Khasiat Kopi Jantan – Online Shop Pembuat Kopi di Simeulue Tengah, Simeulue

Khasiat Kopi Jantan – Online Shop Pembuat Kopi di Simeulue Tengah, Simeulue



Khasiat Kopi Jantan – Online Shop Pembuat Kopi di Simeulue Tengah, Simeulue - Walaupun kian berlimpah penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dimulai dari varietasnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo serta Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua sudah mengerti karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki rupa biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Jantan – Online Shop Pembuat Kopi di Simeulue Tengah, Simeulue


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di berbagai bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga kebal hama & penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya eksplisit ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, namun susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi informasi di blog Khasiat Kopi Jantan – Online Shop Pembuat Kopi di Simeulue Tengah, Simeulue, semoga ada manfaatnya.

0 comments