Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Kios Coffee Maker Di Halong, Balangan

Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Kios Coffee Maker Di Halong, Balangan



Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Kios Coffee Maker Di Halong, Balangan - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang ternyata masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai jenisnya, tempat perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo serta Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua sudah tahu karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang wujud butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran harganya pula lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Kios Coffee Maker Di Halong, Balangan


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di berbagai belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna memiliki cita rasa istimewa, berbeda di setiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan penyakit.

Adapun keunikan paling menonjol adalah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca artikel dalam halaman Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Kios Coffee Maker Di Halong, Balangan, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments