Khasiat Kopi Radix Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Limbur Lubuk Mengkuang, Bungo

Khasiat Kopi Radix Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Limbur Lubuk Mengkuang, Bungo



Khasiat Kopi Radix Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Limbur Lubuk Mengkuang, Bungo - Walaupun kian ramai penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dari jenisnya, area penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walaupun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah paham ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki wujud butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran harganya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Limbur Lubuk Mengkuang, Bungo


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di beragam belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna memiliki cita rasa istimewa, berlainan di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan setidaknya eksplisit yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyediakan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca tulisan di web Khasiat Kopi Radix Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Limbur Lubuk Mengkuang, Bungo, moga-moga ada gunanya.

0 comments