Khasiat Kopi Rerama Stevia – Penjual Mesin Coffee Maker di Cikalong Wetan, Bandung Barat

Khasiat Kopi Rerama Stevia – Penjual Mesin Coffee Maker di Cikalong Wetan, Bandung Barat


Khasiat Kopi Rerama Stevia – Penjual Mesin Coffee Maker di Cikalong Wetan, Bandung Barat - Biar kian ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang ternyata masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai dari tipenya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma dan flavour yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah kalian semua pernah tahu karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki tatanan batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran mutunya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Rerama Stevia – Penjual Mesin Coffee Maker di Cikalong Wetan, Bandung Barat


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di bermacam bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan hama.

Adapun kekhasan paling menonjol yakni taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca tulisan di website Khasiat Kopi Rerama Stevia – Penjual Mesin Coffee Maker di Cikalong Wetan, Bandung Barat, semoga bermanfaat.

0 comments