Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Bulang Tengah Suku Ulu, Musi Rawas

Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Bulang Tengah Suku Ulu, Musi Rawas


Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Bulang Tengah Suku Ulu, Musi Rawas - Kendati makin banyak penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua pernah tahu kekhasan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki struktur batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Bulang Tengah Suku Ulu, Musi Rawas


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di beragam belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan resistan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya menonjol yaitu peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca tulisan dalam website Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Bulang Tengah Suku Ulu, Musi Rawas, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments