Macam Kopi Starbucks – Kios Mesin Coffee Maker Di Tigalingga, Dairi

Macam Kopi Starbucks – Kios Mesin Coffee Maker Di Tigalingga, Dairi



Macam Kopi Starbucks – Kios Mesin Coffee Maker Di Tigalingga, Dairi - Kendati semakin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dari tipenya, daerah peraniannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, biar pun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kalian semua telah paham karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki bentuk butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam Kopi Starbucks – Kios Mesin Coffee Maker Di Tigalingga, Dairi


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di berbagai bagian bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling kentara yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca informasi di web Macam Kopi Starbucks – Kios Mesin Coffee Maker Di Tigalingga, Dairi, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments