Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Pelaihari

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Pelaihari



Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Pelaihari - Kendati makin ramai pecinta kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, daerah peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, kendati berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah anda semua sudah mengetahui karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai bentuk bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Pelaihari


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di bermacam bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan tahan hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, hal ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi informasi dalam halaman Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Pelaihari, semoga bermanfaat.

0 comments