Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Pangkalan Lesung, Pelalawan

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Pangkalan Lesung, Pelalawan



Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Pangkalan Lesung, Pelalawan - Kendati makin banyak penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, daerah ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski berjenis serupa, citarasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu beda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua telah tahu karakteristik dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang tatanan biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia yakni Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Pangkalan Lesung, Pelalawan


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di beragam bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan paling eksplisit yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi tulisan di blog Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Pangkalan Lesung, Pelalawan, moga-moga bermanfaat.

0 comments