Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Pembuat Kopi di Ujung Batu, Rokan Hulu

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Pembuat Kopi di Ujung Batu, Rokan Hulu



Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Pembuat Kopi di Ujung Batu, Rokan Hulu - Walaupun semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai jenisnya, area peraniannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, kendati dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah mengetahui keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai tatanan bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Pembuat Kopi di Ujung Batu, Rokan Hulu


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di bermacam belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya jelas adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca informasi dalam blog Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Pembuat Kopi di Ujung Batu, Rokan Hulu, semoga bermanfaat.

0 comments