Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Pancur, Rembang

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Pancur, Rembang



Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Pancur, Rembang - Biar makin ramai penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai dari kelasnya, daerah perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, kendati berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua sudah paham keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang rupa biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran nilainya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Pancur, Rembang


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam bagian bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta resistan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya menonjol yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyajikan berbagai varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan di blog Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Pancur, Rembang, moga-moga berguna.

0 comments