Macam Produk Kopi Kapal Api – Jual Coffee Maker Di Cermee, Bondowoso

Macam Produk Kopi Kapal Api – Jual Coffee Maker Di Cermee, Bondowoso


Macam Produk Kopi Kapal Api – Jual Coffee Maker Di Cermee, Bondowoso - Walaupun makin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun tak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dari varietasnya, kawasan ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengerti karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki rupa biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai muncul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam Produk Kopi Kapal Api – Jual Coffee Maker Di Cermee, Bondowoso


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di berbagai bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa istimewa, berlainan di tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok ialah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi artikel di halaman Macam Produk Kopi Kapal Api – Jual Coffee Maker Di Cermee, Bondowoso, moga-moga berguna.

0 comments