Macam Produk Kopi Kapal Api – Kios Pembuat Kopi Di Muara Aman, Lebong

Macam Produk Kopi Kapal Api – Kios Pembuat Kopi Di Muara Aman, Lebong


Macam Produk Kopi Kapal Api – Kios Pembuat Kopi Di Muara Aman, Lebong - Kendati makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, kawasan ditanamna, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun berjenis sama, citarasa kopi Gayo serta Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua pernah mengerti karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki wujud bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran mutunya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Produk Kopi Kapal Api – Kios Pembuat Kopi Di Muara Aman, Lebong


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di beragam bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling gamblang yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyajikan beraneka varian kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca informasi di blog Macam Produk Kopi Kapal Api – Kios Pembuat Kopi Di Muara Aman, Lebong, semoga berguna.

0 comments