Macam Rasa Kopi Gayo – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Kaimana

Macam Rasa Kopi Gayo – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Kaimana


Macam Rasa Kopi Gayo – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Kaimana - Biar semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, lokasi ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis serupa, rasa kopi Gayo serta Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di tanah air serta dipakai di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kalian semua pernah mengetahui keistimewaan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang struktur batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran nilainya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Rasa Kopi Gayo – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Kaimana


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di berbagai belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa spesial, berbeda di setiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal hama & penyakit.

Adapun keunikan paling mencolok yaitu tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca tulisan dalam website Macam Rasa Kopi Gayo – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Kaimana, semoga berpengaruh.

0 comments