Macam Rasa Kopi Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker Di Pagai Utara, Kepulauan Mentawai

Macam Rasa Kopi Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker Di Pagai Utara, Kepulauan Mentawai



Macam Rasa Kopi Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker Di Pagai Utara, Kepulauan Mentawai - Walaupun makin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski pun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah kalian semua pernah mengetahui keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki rupa biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam Rasa Kopi Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker Di Pagai Utara, Kepulauan Mentawai


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di berbagai belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan penyakit & hama.

Adapun kekhasan setidaknya jelas ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi risalah dalam website Macam Rasa Kopi Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker Di Pagai Utara, Kepulauan Mentawai, semoga ada gunanya.

0 comments