Manfaat Dan Khasiat Kopi Pahit – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Sijunjung

Manfaat Dan Khasiat Kopi Pahit – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Sijunjung



Manfaat Dan Khasiat Kopi Pahit – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Sijunjung - Walaupun semakin ramai pecinta kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, tempat perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, biar pun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma serta flavour yang begitu beda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kalian semua telah tahu kekhasan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang wujud butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Dan Khasiat Kopi Pahit – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Sijunjung


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di beragam bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal hama.

Adapun ciri khas setidaknya mencolok yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengenal dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi tulisan di blog Manfaat Dan Khasiat Kopi Pahit – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Sijunjung, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments