Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Luwu Utara

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Luwu Utara



Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Luwu Utara - Biar semakin berlimpah penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dari kelasnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo serta Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kalian semua sudah mengerti karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai struktur batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran mutunya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Luwu Utara


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di beragam belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit & hama.

Adapun keunikan setidaknya mencolok adalah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi artikel di website Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Luwu Utara, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments