Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wanita – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Bendul Merisi

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wanita – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Bendul Merisi


Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wanita – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Bendul Merisi - Biar makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari tipenya, daerah ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua pernah paham kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai bentuk biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit namun memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya pun lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wanita – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Bendul Merisi


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di bermacam belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa spesial, berbeda di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan hama.

Adapun ciri khusus paling jelas ialah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian ramai kedai kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi tulisan di blog Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wanita – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Bendul Merisi, semoga berguna.

0 comments