Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Online Shop Pembuat Kopi Di Jamblang, Cirebon

Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Online Shop Pembuat Kopi Di Jamblang, Cirebon


Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Online Shop Pembuat Kopi Di Jamblang, Cirebon - Kendati semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari tipenya, daerah penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, meski berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua telah paham karakteristik dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai rupa bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Online Shop Pembuat Kopi Di Jamblang, Cirebon


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun kini di beragam belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa spesial, berbeda di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan penyakit & hama.

Adapun ciri khas paling menonjol adalah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi risalah dalam website Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Online Shop Pembuat Kopi Di Jamblang, Cirebon, moga-moga bermakna.

0 comments