Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Penjual Mesin Coffee Maker di Putussibau, Kapuas Hulu

Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Penjual Mesin Coffee Maker di Putussibau, Kapuas Hulu


Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Penjual Mesin Coffee Maker di Putussibau, Kapuas Hulu - Kendati makin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang tampaknya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, area ditanamna, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walau pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua telah mengerti ke-khas-an dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki struktur batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Penjual Mesin Coffee Maker di Putussibau, Kapuas Hulu


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan tahan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling jelas yakni tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi risalah dalam halaman Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Penjual Mesin Coffee Maker di Putussibau, Kapuas Hulu, mudah-mudahan bermakna.

0 comments