Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Toko Online Pembuat Kopi Di Kemiri, Tangerang

Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Toko Online Pembuat Kopi Di Kemiri, Tangerang


Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Toko Online Pembuat Kopi Di Kemiri, Tangerang - Biar kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai jenisnya, area perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, kendati dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah tahu karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki wujud batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran harganya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Toko Online Pembuat Kopi Di Kemiri, Tangerang


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di beragam bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya menonjol yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi artikel dalam web Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Toko Online Pembuat Kopi Di Kemiri, Tangerang, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments