Manfaat Kopi Hijau – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Pamukan Utara, Kotabaru

Manfaat Kopi Hijau – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Pamukan Utara, Kotabaru


Manfaat Kopi Hijau – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Pamukan Utara, Kotabaru - Kendati semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dari varietasnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah mengetahui keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang struktur batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Pamukan Utara, Kotabaru


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di bermacam bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khas setidaknya kentara yakni taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai warung kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi tulisan dalam website Manfaat Kopi Hijau – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Pamukan Utara, Kotabaru, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments