Manfaat Kopi Hijau Untuk Diet – Online Shop Pembuat Kopi di Kalis, Kapuas Hulu

Manfaat Kopi Hijau Untuk Diet – Online Shop Pembuat Kopi di Kalis, Kapuas Hulu



Manfaat Kopi Hijau Untuk Diet – Online Shop Pembuat Kopi di Kalis, Kapuas Hulu - Walaupun makin banyak pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dari kelasnya, lokasi ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, kendati dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa warkop.

Tapi, apakah kamu semua telah tahu keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki wujud biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Untuk Diet – Online Shop Pembuat Kopi di Kalis, Kapuas Hulu


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di beragam belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan penyakit.

Adapun keistimewaan paling menonjol yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi informasi dalam blog Manfaat Kopi Hijau Untuk Diet – Online Shop Pembuat Kopi di Kalis, Kapuas Hulu, semoga berpengaruh.

0 comments