Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Dolok, Padang Lawas Utara

Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Dolok, Padang Lawas Utara



Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Dolok, Padang Lawas Utara - Biar semakin banyak penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih gak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dari tipenya, tempat peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walau pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo serta Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa warung kopi.

Namun, apakah kamu semua sudah mengerti karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki bentuk bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara yaitu Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Dolok, Padang Lawas Utara


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi kini di berbagai bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan kebal penyakit.

Adapun keunikan setidaknya jelas ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah memahami dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi tulisan di web Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Dolok, Padang Lawas Utara, semoga bermanfaat.

0 comments