Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Sakti, Pidie

Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Sakti, Pidie


Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Sakti, Pidie - Biar kian berlimpah pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, mulai dari jenisnya, tempat ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah mengerti keunikan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Sakti, Pidie


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena menyandang cita rasa spesial, berbeda di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan resistan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengenal dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyediakan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca informasi dalam website Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Sakti, Pidie, semoga berpengaruh.

0 comments