Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Onlineshop Coffee Maker Di Bantul

Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Onlineshop Coffee Maker Di Bantul


Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Onlineshop Coffee Maker Di Bantul - Meski semakin berlimpah penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dari jenisnya, kawasan peraniannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua sudah paham karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang struktur butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia yakni Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Onlineshop Coffee Maker Di Bantul


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di berbagai belahan bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga kebal hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan paling mencolok adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca artikel di halaman Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Onlineshop Coffee Maker Di Bantul, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments