Manfaat Kopi Robusta Untuk Wajah – Toko Online Coffee Maker Di Kasihan, Bantul

Manfaat Kopi Robusta Untuk Wajah – Toko Online Coffee Maker Di Kasihan, Bantul



Manfaat Kopi Robusta Untuk Wajah – Toko Online Coffee Maker Di Kasihan, Bantul - Walaupun kian banyak pecinta kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dimulai dari varietasnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, kendati dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma serta flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah paham keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang rupa biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Untuk Wajah – Toko Online Coffee Maker Di Kasihan, Bantul


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di berbagai bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga kebal hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling eksplisit yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca informasi dalam blog Manfaat Kopi Robusta Untuk Wajah – Toko Online Coffee Maker Di Kasihan, Bantul, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments