Manfaat Kopi Untuk Kesehatan – Online Shop Coffee Maker di Kokap, Kulon Progo

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan – Online Shop Coffee Maker di Kokap, Kulon Progo



Manfaat Kopi Untuk Kesehatan – Online Shop Coffee Maker di Kokap, Kulon Progo - Walaupun kian banyak pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai varietasnya, area peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah mengerti ke-khas-an dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang wujud biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan – Online Shop Coffee Maker di Kokap, Kulon Progo


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun kini di bermacam belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling menonjol adalah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi tulisan dalam blog Manfaat Kopi Untuk Kesehatan – Online Shop Coffee Maker di Kokap, Kulon Progo, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments