Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Sambit, Ponorogo

Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Sambit, Ponorogo



Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Sambit, Ponorogo - Kendati semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beragam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai tipenya, daerah peraniannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah anda semua telah mengetahui karakteristik dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran nilainya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Sambit, Ponorogo


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di beragam bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan paling eksplisit ialah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, namun sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, perihal ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kedai kopi yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi informasi dalam website Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Sambit, Ponorogo, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments