Membuat Kopi Sendiri – Jual Coffee Maker di Jekan Raya, Palangka Raya

Membuat Kopi Sendiri – Jual Coffee Maker di Jekan Raya, Palangka Raya



Membuat Kopi Sendiri – Jual Coffee Maker di Jekan Raya, Palangka Raya - Meski kian ramai pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski pun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah kamu semua sudah paham karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki wujud batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak timbul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Sendiri – Jual Coffee Maker di Jekan Raya, Palangka Raya


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di beragam belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang khas, berbeda di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan kebal hama.

Adapun keunikan setidaknya jelas yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengenal serta merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan dalam web Membuat Kopi Sendiri – Jual Coffee Maker di Jekan Raya, Palangka Raya, semoga bermakna.

0 comments